Mengatasi Tumit Pecah-pecah

Banjir di awal tahun 2014 di Jakarta, memberikan efek yang sangat mengganggu kulit tumit kaki saya. Kondisi kulit saya sih ga mulus-mulus banget. Terkadang tumit kering dan sedikit pecah kalau keseringan ‘ngebabu’. Tapi biasanya bisa diatasi dengan menggunakan pelembab yang ekstra moist untuk beberapa malam berturut-turut.

Setelah banjir, kondisi kaki jadi parah. Bermula kaki terasa kering lalu tumit mulai pecah-pecah parah. Saya kasih pelembab pagi-malam tidak memberikan perubahan signifikan. Sampai saking parahnya saya keletekin (apa sih ini bahasanya) kulit tumit kaki yang pecah. Cara ini pun tidak membuat tumit kaki membaik.

Banyak cara yang dibagi di internet untuk mengatasi tumit pecah-pecah, dan yang memberikan perubahan bagus di kaki saya adalah seperti ini:

  1. Menyikat tumit kaki dengan sikat khusus kaki (karena bulu sikatnya lebih lembut) yang diberi sabun mandi setiap mandi sore/malam untuk pengelupasan kulit yang tidak sehat. Tidak dilakukan pada mandi pagi selain karena pagi hari semua harus dilakukan secara cepat, juga konon exfoliating tidak baik dilakukan sering. Akhirnya sampai sekarang menyikat tumit dan telapak kaki rutin saya lakukan.
  2. Mengoleskan krim yang kaya moisturizer di kaki pada malam hari. Ada yang menyarankan setelah mengoleskan krim langsung ditutup dengan kaus kaki lalu tidur. Krim yang saya pilih adalah Skin Food Cream dari Viva Cosmetics. Sebenarnya ini baru pertama kali saya menggunakannya. Alasan saya adalah murah, mudah didapat, dan banyak yang merekomendasikan. Hasilnya pun ternyata memuaskan. Mungkin body lotion atau krim lainnya bisa menjadi pilihan, tergantung selera dan kebutuhan. Oia, kegiatan mengoleskan krim sebaiknya dilakukan setiap kali kaki terasa kering. Di pagi hari saya memakai body lotion yang biasa saya pakai ke seluruh tubuh. Skin Food Cream khusus saya pakai di telapak kaki pada malam hari.
  3. Menjaga kebersihan telapak kaki. Kalaupun terpaksa terkena air genangan/banjir, buru-buru cuci kaki dengan sabun dan dibilas air bersih.
Sikat khusus kaki
Sikat khusus kaki bulunya lebih lembut sehingga tidak menimbulkan iritasi di kulit
02vivaskinfoodcream
Skin Food Cream Viva Cosmetics, 30 gram, harga di bawah Rp10.000,-

Cara tersebut membuahkan hasil setelah dilakukan kurang lebih 3 minggu. Kejadian ini akhirnya membuat saya lebih perhatian pada kaki. Walaupun sudah pulih, saya masih rutin melakukan ritual tersebut.

Semoga membantu.🙂

ikemeiske