Situ Gede Bogor

Libur lebaran tahun ini diisi dengan kegiatan jalan-jalan yang tidak jauh-jauh dan murah. Tujuannya memang kumpul keluarga saja, ditambah saya sedang hamil muda, belum berani melakukan perjalanan berisiko.

Pilihan diputuskan keliling kota Bogor dan mampir ke Situ Gede.

Situ Gede merupakan danau kecil di Kelurahan Situgede, Kecamatan Bogor Barat, kota Bogor. Jaraknya dari Bogor +9KM ke arah barat. Danau ini terletak di tepi Hutan Dramaga.
Hutan Dramaga ditanami pohon karet dan merupakan hutan penelitian milik Badan Litbang Kehutanan, Kementerian Kehutanan. Hutan seluas 60Ha ini dibangun pada tahun 1956. Di areal ini terdapat kantor CIFOR (Center for International Forestry Research). Selain itu juga telah dibangun Pusat Pengembangan Teknologi Penangkaran Rusa Timor.
Di tengah danau terdapat sebuah gundukan menyerupai pulau kecil yang banyak dihuni oleh berbagai jenis burung air. Tidak jauh dari lokasi Situ Gede, terdapat dua buah anak danau yang merupakan bagian dari Situ Gede, yaitu Situ Leutik dan Situ Panjang. Warga sekitar menyakini ketiga situ tersebut bila diamati secara seksama seperti berbentuk kujang (senjata khas masyarakat Jawa Barat).

Selain sebagai tempat penelitian, area hutan dan danau ini bermanfaat untuk irigasi pertanian dan perkebunan. Warga memanfaatkan lokasi ini untuk tempat rekreasi, berperahu sepeda, memancing, ataupun sekedar jalan-jalan di hutan. Beberapa kali lokasi ini dijadikan tempat pembuatan film dan sinetron.

Sebagai tempat wisata, areal ini tidak membebankan tarif masuk. Lokasinya yang berada di dekat pemukiman penduduk, membuat pengunjung yang membawa mobil kesulitan mencari tempat parkir.

Situ Gede dan Hutan Penelitian Dramaga - Wikipedia
Situ Gede dan Hutan Penelitian Dramaga Foto: Wikipedia
Tepi danau yang ditumbuhi lumut Foto: Detik Travel
Tepi danau yang ditumbuhi lumut
Foto: Detik Travel
Tak lupa selfie dengan tongsis :D
Tak lupa selfie dengan tongsis😀

Sumber:
1. http://www.disparbud.jabarprov.go.id
2. puskonser.or.id

ikemeiske